PMI Lumajang Turunkan Relawan Bantu Korban Banjir

Bunda Indah Dewan Kehormatsn PMI saat meninjau relawan PMI Kerja Bakti 



lintas86.com, Lumajang - Bencana alam yang melanda Lumajang membutuhkan tanggapan cepat dan kerjasama yang solid dari berbagai pihak. Hujan deras yang terus-menerus turun telah memicu terjadinya longsor di beberapa titik di jalur piket nol Jalan Raya Dampit, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang. Hal ini mengakibatkan akses dari Jalur Malang selatan menuju Lumajang menjadi terputus karena kendaraan tidak dapat melaluinya.

Situasi semakin rumit ketika jalur alternatif melalui curah kobokan juga tergenang banjir lahar dingin dari Gunung Semeru yang terjadi pada malam hari yang sama. 

Hal ini memaksa para pengguna jalan yang berencana pulang ke Banyuwangi melalui jalur Ampelgading – Pronojiwo untuk harus memutar arah menuju Probolinggo.

Dalam kondisi darurat ini, Pusdalops BPBD Lumajang telah bergerak cepat dengan mengambil langkah-langkah untuk membersihkan dan memperbaiki jalur tersebut agar lalu lintas dapat kembali normal. Namun, cuaca yang masih belum kondusif membuat petugas meminta pengguna jalan untuk sementara menghindari jalur Piket Nol Lumajang.

Sementara itu, Ketua PMI Kabupaten Lumajang, menyampaikan, dalam upaya penanggulangan dampak banjir, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Lumajang turut serta dengan menurunkan 20 personil relawan untuk membantu masyarakat di Desa Kutorenon, khususnya di RT 04, 05, 06, dan 07 yang terdampak banjir pada dini hari tanggal 19 April 2024. 

Kepala Desa Kutorenon, Hj. Faisal, mengucapkan terima kasih atas respons cepat dan bantuan yang diberikan oleh PMI Kabupaten Lumajang, khususnya kepada relawan PMI yang turun langsung membantu warga.

Bunda Indah Dewan Kehormatan PMI Lumang saat meninjau lokasi menyampaikan apresiasi atas aksi PMI, kerja keras dan kerjasama dari berbagai pihak, baik petugas penanganan bencana maupun relawan, diharapkan dapat membantu memulihkan situasi dan kondisi di Lumajang. Semoga bantuan yang diberikan dapat meringankan beban dan memulihkan kehidupan normal bagi warga yang terdampak bencana. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url