Bacaan Doa dan Amalan di Hari Jumat


lintas86.com, Ponorogo - Doa Jumat berkah bisa dibacakan oleh muslim ketika hari Jumat. Abu Salamah dari Abu Hurairah RA mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW pernah bersabda terkait keistimewaan hari Jumat.

"Sesungguhnya sinar Matahari pagi hari yang terbaik adalah hari Jumat, pada hari Jumat diciptakan Nabi Adam AS, dimasukkan ke surga hari itu pula, turun ke alam dunia ini hari Jumat, hari Jumat akan terjadi kiamat, dan pada hari itu pula doa yang dimohonkan dikabulkan,"

Hari Jumat menjadi hari yang agung dibandingkan dengan hari-hari lainnya. Membaca doa Jumat berkah bisa menjadi salah satu amalan yang dikerjakan oleh umat Islam.

Keagungan hari Jumat tersemat dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Abu Lubabah bin Abdul Mundzir, Rasulullah SAW bersabda:

"Hari Jumat adalah 'tuannya' semua hari, dan hari yang paling agung. Di mata Allah, hari Jumat lebih agung dari Hari Idul Fitri dan Idul Adha." (HR al-Baihaqi)

Mengutip dari buku Panduan Amalan Hari Jumat tulisan Mahmud Ahmad Mustafa, Allah SWT juga menyebutkan tentang hari Jumat pada surat Al Jumuah ayat 9 dengan bunyi sebagai berikut:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نُودِىَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوْمِ ٱلْجُمُعَةِ فَٱسْعَوْا۟ إِلَىٰ ذِكْرِ ٱللَّهِ وَذَرُوا۟ ٱلْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Arab latin: Yā ayyuhallażīna āmanū iżā nụdiya liṣ-ṣalāti miy yaumil-jumu'ati fas'au ilā żikrillāhi wa żarul baī', żālikum khairul lakum ing kuntum ta'lamụn

Artinya: "Hai orang-orang beriman, apabila diseru untuk menunaikan shalat Jum'at, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli. Yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui,"

Selain itu, hari Jumat juga dikatakan sebagai hari rayanya umat Islam. Ini sesuai dengan sabda Rasulullah SAW.

"Ini (hari Jumat) adalah hari yang dijadikan Allah sebagai hari raya bagi kaum muslimin," (HR Ibnu Majah dan Ath-Thabrani).

Oleh karenanya, Rasulullah SAW melarang umatnya berpuasa di hari Jumat tanpa adanya sebab tertentu sesuai dengan sabdanya.

"Janganlah ada di antara kamu yang berpuasa pada hari Jumat kecuali dia berpuasa pada hari-hari sebelum atau sesudahnya," (HR Bukhari dan Muslim).

Bacaan Doa Jumat Berkah yang Bisa Dilafalkan

Dalam buku bertajuk Agar Hidup Selalu Berkah karya Habib Syarief Muhammad Alaydrus, berikut ini merupakan bacaan doa hari Jumat yang bisa dilafalkan.

Berikut ini merupakan doa yang bisa dipanjatkan agar diberikan keberkahan di hari Jumat untuk sesama.

أدام الله لكم بركة الجمعة دهوراً، وألبسكم من تقواه نوراً، جمعة مباركة

Arab latin: Adamallahu lakum barakatal Jumat duhuran, wa albasakum min taqwahu nuron, jumatan mubarakah

Artinya : "Semoga Allah SWT memberikan berkah kepada kalimat pada hari Jumat ini, serta Allah mengenakan cahaya dari kesalehan hari ini, Jumat yang diberkahi,"

Selanjutnya ialah doa agar diberikan keberkahan rezeki serta terhindar dari siksa kubur.

الَّلهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيمَا رَزَقْتَنَا، وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Arab latin: Allahumma barik lana fi ma razaqtana wa qina adza bannar.

Artinya: "Ya Allah, berikan kami berkah pada rezeki yang telah Engkau berikan dan peliharalah kamu dari siksa neraka,"

Kemudian, ada juga doa yang bisa dipanjatkan agar terhindar dari dan diberkahi dalam musibah.

بَارَكَ اللهُ لَكُماَ وَبَارَكَ عَلَيْكُماَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Arab latin: Barakallahu laka wa baraka 'alaika wa jama'a bainakumaa fii khairin.

Artinya: "Semoga Allah memberi berkah untukmu dalam kebaikan. Semoga Allah memberi berkah dalam musibahmu. Dan semoga Allah mengampuni kalian berdua (sebagai suami istri) dalam kebaikan,"

Sahabat, doa ini juga bisa dipanjatkan agar hari Jumat seorang muslim dipenuhi berkah.

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي الدُّنْيَا وَاْلآخِرَةِ، اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ فِي دِيْنِيْ وَدُنْيَايَ وَأَهْلِيْ وَمَالِيْ اللَّهُمَّ اسْتُرْ عَوْرَاتِى وَآمِنْ رَوْعَاتِى. اَللَّهُمَّ احْفَظْنِيْ مِنْ بَيْنِ يَدَيَّ، وَمِنْ خَلْفِيْ، وَعَنْ يَمِيْنِيْ وَعَنْ شِمَالِيْ، وَمِنْ فَوْقِيْ، وَأَعُوْذُ بِعَظَمَتِكَ أَنْ أُغْتَالَ مِنْ تَحْتِيْ

Arab latin: Allahumma innii as-alukal 'afwa wal 'aafiyah fid dunyaa wal aakhiroh. Allahumma innii as-alukal 'afwa wal 'aafiyah fii diinii wa dun-yaya wa ahlii wa maalii. Allahumas-tur 'awrootii wa aamin row'aatii. Allahummahfazh-nii mim bayni yadayya wa min kholfii wa 'an yamiinii wa 'an syimaalii wa min fawqii wa a'udzu bi 'azhomatik an ughtala min tahtii

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan di dunia dan akhirat. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kebajikan dan keselamatan dalam agama, dunia, keluarga dan hartaku. Ya Allah, tutupilah auratku (aib dan sesuatu yang tidak layak dilihat orang) dan tenteramkanlah aku dari rasa takut. Ya Allah, peliharalah aku dari muka, belakang, kanan, kiri dan atasku. Aku berlindung dengan kebesaran-Mu, agar aku tidak disambar dari bawahku (oleh ular atau tenggelam dalam bumi dan lain-lain yang membuat aku jatuh)." (HR Abu Dawud dan Ibnu Majah, Shahih Ibnu Majah)

Demikian doa Jumat berkah yang bisa dilafalkan. Semoga kita semua selalu berada di bawah lindungan Allah SWT. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url