Haidar Natsir Resmikan Kantor Bersama Muhammadiyah Gamping

Ketum PP Muhammadiyah Meresmikan Kantor Bersama Muhammadiyah Gamping

lintas86.com, Yogyakarta - Rasa bangga tersemburat dari keluarga besar Muhammadiyah Gamping. Dengan kerja keras dan ikhtiarnya, akhirnya memiliki gedung baru berupa Kantor Bersama Muhammadiyah Gamping. Hadirnya gedung baru tersebut diresmikan secara langsung oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr KH Haedar Nashir, MSi. Selasa (11/7).


Turut hadir perwakilan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY, Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Sleman, Direktur RS PKU Muhammadiyah Gamping dr H Ahmad Faesol, SpRad., MKes., MMR, Panewu Gamping Drs Yakti Yunanto, Calon DPD DIY utusan Muhammadiyah Ir Ahmad Syauqi Soeratno, MM, Ketua PCM Gamping Drs H Samino Sintawibawa, dan beberapa tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Samino mengatakan jika dirinya bangga dengan hadirnya kantor tersebut. Kehadirannya menjadi kado untuk menyemarakkan perhelatan Musyawarah Cabang (Musycab) PCM Gamping ke-13 dan Musycab PCA Gamping ke-12 yang rencananya digelar pada Rabu (19/7) mendatang di Universitas Aisyiyah Yogyakarta.


“Sebagai kenangan akhir periode kami, kami berbenah diri dalam bentuk pembangunan fisik gedung kantor bersama. Semua itu dibiayai dari kemandirian PCM Gamping, meskipun dengan cara utang. Namun, tidak kemana-mana melainkan ke BTM sendiri,” ujarnya.


Samino menerangkan, penggunaan kantor tersebut meliputi: 1) Toko bangunan dan material serta showroom barang jalan. 2) Aula pertemuan. 3) Front office KL Lazismu Gamping dan PCM Gamping beserta ortom. 4) Ruang Meeting dan staff. 5) Front office dan ruang staff BTM Surya PDM Sleman. 6) Ruang Meeting. 

 

Oleh karenanya, Samino menyampaikan rasa syukurnya karena Muhammadiyah Gamping secara resmi telah memiliki kantor sendiri.


“Kami segenap PCM Gamling mengucapkan banyak terima kasih kepada segenap warga Muhammadiyah dan Aisyiyah dan ortom lain yang telah kerja bareng gotong royong untuk membangun gedung ini,” ucapnya.

Dengan hadirnya kantor baru tersebut, Haedar mengapresiasi yang setinggi-tingginya atas upaya begitu rupa dilakukan oleh Muhammadiyah Gamping. Menurut Haedar, pembangunan kantor ini sangat representatif, sehingga dalam menjalankan tugas untuk memberikan pelayanan kepada umat dan jamaah secara totalitas.


“Hari ini saya hadir untuk meresmikan kantor Muhammadiyah Cabang Gamping. Saya mengapresiasi yang tinggi atas pembangunan kantor yang representatif. Ini merupakan cabang yang unggul dan memiliki kegiatan-kegiatan yang bukan hanya kegiatan keagamaan, tetapi kegiatan sosial, ekonomi, dan kemasyarakatan,” ujarnya.


Haedar menyebut, kehadiran kantor baru ini harus menjadi ghirah (semangat) dan gerak Persyarikatan Muhammadiyah. Sehigga kebermanfaatannya dapat dirasakan oleh jamaah, umat, dan bangsa.


Dalam kesempatan itu, Haedar mengajak untuk berefleksi hal ihwal terbentuknya cabang. Dengan merujuk Anggaran Rumah Tangga (ART) Muhammadiyah, setidaknya ada 6 poin. 

Pertama, Pengajian umum dan pengajian anggota Pimpinan Cabang sekurang-kurangnya sekali dalam sebulan. 

 

Kedua, Pelatihan muballigh/muballighat sekurang-kurangnya sekali dalam sebulan. Ketiga, korps muballigh/muballighat sekurang-kurangnya 10 orang.


Kemudian keempat Taman pendidikan Al-Quran/Madrasah Diniyah/Sekolah Dasar; Kelima, Kegiatan dalam bidang sosial, ekonomi, dan kesehatan. Dan yang keenam kantor.


“Mudah-mudahan enam hal di atas ada di cabang ini. Insyaallah ada. Tinggal tugas kita adalah meningkatkan kualitas dari syarat itu. Jika syarat formalnya sudah terpenuhi,” katanya.


Guru Besar Ilmu Sosiologi Universitas Muhammadiyah Yogyakarta ini meminta kepada Muhammadiyah Gamping untuk terus meningkatkan kualitas. 

 

Kualitas dalam berislam yang merujuk pada konsep dan pemahaman Islam Berkemajuan. 

 

Pemahaman ini mesti dimulai dari para pimpinan di internal Persyarikatan bersama seluruh komponen organisasinya sebelum diajarkan atau dipraktikkan oleh umat.


“Islam berkemajuan itu adalah Islam yang hadir menanamkan nilai-nilai akidah, ibadah, akhlak, dan mu’ammalat dunyawiyah. Yang keseluruhannya ingin membangun umat yang terbaik,” tegasnya. (min)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url