Panggilan Jiwa, PMR Siaga pada Upacara Hari Pramuka di SMPN 1 Ambal


lintas86.com, Kebumen - SMPN 1 Ambal menggelar upacara peringatan HUT Pramuka ke-62 dengan penuh semangat. Senin, (14/08/2023)

Para peserta upacara, terdiri dari anggota pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pembina Utusan Gugus Depan se-Kwartir Ranting Ambal, telah berkumpul di lapangan upacara sejak pukul 07.15 WIB untuk melakukan gladi bersih sebelum upacara dimulai tepat pukul 07.30 WIB.

Camat Ambal, Bpk. Bambang Budi Sanyoto, S.Sos, bertindak sebagai Pembina upacara kali ini. 

Dalam sambutannya, Ketua Majelis Pembina Ranting (Mabiran) Ambal memberikan pesan singkat kepada generasi muda agar selalu semangat berkarya sesuai dengan tema HUT Pramuka tahun ini, yaitu Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proposional.

Selain itu, PMR yang merupakan relawan PMI yang berada di SMPN 1 Ambal juga turut berperan aktif dalam menyukseskan upacara bendera HUT Pramuka kali ini. 

Sebanyak 15 personil PMR, baik putra maupun putri, membantu kelancaran upacara dengan berdiri di belakang barisan dan mendampingi peserta upacara. 

Beberapa anggota pramuka yang merasa kurang fit atau sakit pun dibantu oleh relawan untuk istirahat di tempat yang telah disediakan. 

Mereka yang mengeluh pusing, perut sakit, lemas, keluar keringat dingin, atau mual, diberi waktu istirahat sejenak hingga kondisinya membaik.

Namun, bagi peserta upacara yang kondisinya belum membaik, mereka dibawa ke Unit Kesehatan Sekolah (UKS) dengan didampingi petugas kesehatan atau dirujuk ke Puskesmas untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. 

Upacara HUT Pramuka ke-62 berjalan dengan khidmat dan berhasil selesai pada pukul 09.00 WIB.

Salah satu anggota PMR relawan PMI dari SMPN 1 Ambal, yang turut siaga pada upacara bendera tersebut, mengungkapkan kesan dan pengalamannya, 

"Meskipun capek dan cuaca agak panas, saya senang bisa membantu teman-teman yang sakit. Kegiatan seperti ini juga menambah pengalaman saya." Ungkapnya

Partisipasi relawan dalam kegiatan tersebut sangat mendukung tema HUT Pramuka ke-62, yaitu penyiapan sumber daya manusia yang profesional dan proporsional di bidang kepalangmerahan. (pit/min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url