Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko Pimpin Kerja Bakti di DAM Cokromenggalan


lintas86.com, Ponorogo - Masyarakat Ponorogo membersihkan Bendungan Cokromenggalan yang tersumbat oleh bongkahan bambu. 

Pembersihan pada pagi hari Sabtu (3/2/2024) dipimpin langsung oleh Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko,

Pembersihan dilaksnakan karena dikhawatirkan curah hujan yang tinggi dapat terjadi lagi.

Terdapat tiga hingga empat bongkahan bambu yang cukup besar yang masih menyumbat aliran air di bendungan Cokromenggalan, sehingga menghambat kelancaran aliran air. 

"Beruntung pagi ini airnya agak surut, saya mengajak masyarakat dan tim Tagana untuk memotong bambu secara bertahap dan membersihkan sampah yang meliputi batangan bambu tersebut," ujar Bupati Sugiri Sancoko.

Ia juga menyebut bahwa sumbatan bambu tersebut mengakibatkan akumulasi udara yang cukup tinggi, dan meresahkan warga sekitar. Namun, membersihkan bongkahan bambu tersebut harus dilakukan secara manual, karena alat berat tidak bisa masuk ke lokasi tersebut.

Bupati Sugiri Sancoko yang akrab disapa Kang Giri juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap kondisi cuaca dan curah hujan yang tinggi. 

Ia meminta aparat terkait untuk selalu siaga dan mengambil langkah cepat dalam mengantisipasi potensi bencana seperti longsor dan banjir.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, Masun, mengungkapkan bahwa sumbatan bambu tersebut disebabkan oleh hujan lebat beberapa waktu lalu.
 
Bongkahan bambu tersebut memiliki ukuran besar dan batangnya sangat panjang. Informasi dari warga menyebutkan bahwa bongkahan bambu tersebut hanyut dari hulu dan berhenti di Bendungan Cokromenggalan.

Masun memastikan bahwa pembersihan bongkahan bambu tersebut akan selesai pada hari ini.

Selain Bupati Sugiri Sancoko, Wakil Bupati Lisdyarita dan beberapa Kepala OPD Pemkab Ponorogo juga hadir dalam acara kerja bakti seperti Kodim 0802 Ponorogo, Polres Ponorogo, dan Tagana Ponorogo, Himpunan Petani, DLH, DPU KP, Pokdarwis Pantangi. Pemerintah kelurahan Cokromenggalan (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url