eCommerce dan Online Store di 2024 Seperti Apa?


lintas86.com, Ponorogo - Dalam kurang dari 50 hari lagi, kita akan menapaki tahun 2024. Dari segi usaha atau bisnis, kita semua berharap tahun 2024 akan menjadi tahun yang lebih baik dan mampu mendongkrak UMKM lebih tinggi lagi.

Beberapa Tren eCommerce Online Store yang Berpotensi Naik di Tahun 2024

1. Q-commerce Semakin Ngetren

Tidak bisa dipungkiri, era sekarang adalah era yang serba cepat dan hal inipun memengaruhi cara pelanggan berbelanja. Kini, pelanggan eCommerce dan online store menginginkan proses belanja yang bukan hanya mudah, tetapi juga cepat.

Maka, muncullah q-commerce, sebuah konsep eCommerce yang mengutamakan pengiriman produk yang super cepat. Pelanggan bisa memilih untuk pengiriman same day atau bahkan pengiriman instan yang bisa dilakukan dalam hitungan jam atau bahkan menit.

Konsep ini mungkin umum dalam industri kuliner dalam wujud food delivery, tetapi konsep ini baru mulai ngetren di eCommerce dan online store.

2. Dark Social

Istilahnya mungkin terasa kelam, tapi konsep ini dirasa punya masa depan yang cerah di tahun 2024 atau bahkan seterusnya.

Dark social adalah konsep di mana setiap konten, baik konten informasi maupun pemasaran, disebarkan melalui media privat berupa instant messaging app seperti WhatsApp atau Telegram, aplikasi messenger, sampai email.

Konsep ini disebut dark social karena biasanya konten atau link konten yang dibagikan kepada pelanggan tidak bisa di-track oleh analytical software karena aplikasi messaging app atau messenger yang kamu gunakan untuk berbagi konten dienkripsi oleh pengembang.

Konsep ini diprediksi semakin booming, terlebih lagi setelah fitur channels hadir di WhatsApp. Bila sebuah brand diikuti oleh seorang pengguna WhatsApp, brand tersebut bisa membagikan kontennya ke pengguna tersebut.

3. Penggunaan AI

Semakin menghangatnya isu dan tren AI membuat penggunaannya tidak hanya bisa dilakukan untuk keseharian saja, tetapi juga untuk pemasaran.

Dengan AI seperti ChatGPT, kamu bisa mencari referensi atau rekomendasi mengenai cara melayani dan berinteraksi dengan pelanggan. Selain itu, kamu bisa mencari referensi kalimat yang tepat untuk merespon dan menjawab pelanggan.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mencari rekomendasi dan tips untuk manajemen persediaan barang, gudang, mengurus pesanan pelanggan, atau bahkan membandingkan kurir pengiriman yang akan digunakan.

4. Shoppable Videos

Kini, belanja melalui format video atau visual bukan lagi jadi sekadar mimpi. Kehadiran shoppable videos memungkinkan pelanggan untuk membeli produk lewat tayangan video, khususnya live video.

Dari segi pemilik usaha, kamu akan merasakan kemudahannya, di mana kamu bisa menunjukkan dan mendemonstrasikan produkmu dalam bentuk video untuk dapat meyakinkan pelanggan mengenai produkmu.

Bisa dikatakan, ini adalah win-win solution yang dirasa akan sangat berjaya di tahun depan dan seterusnya.

5. Device-first

Apa kamu pernah membuka sebuah eCommerce namun platformnya tidak sesuai atau tidak bisa dimuat dengan tampilan yang nyaman dilihat di perangkat elektronik kamu?

Kondisi ini tentunya menimbulkan ketidaknyamanan tersendiri saat berbelanja. Oleh karenanya, kamu sebagai pemilik usaha yang ingin memasukkan atau memulai usahamu di eCommerce atau dalam bentuk online store perlu memikirkan konsep device-first.

Artinya, dengan konsep ini, kamu bisa membuat pelanggan berbelanja dengan lebih mudah menggunakan gadget mereka, tidak peduli perangkat yang mereka gunakan. Kenyamanan berbelanja pun jadi lebih meningkat.

Kesimpulan

Dengan melihat berbagai tren di atas dengan lebih jelas, kamu bisa mengetahui apa saja yang perlu disiapkan agar kamu tidak ketinggalan dan bisa mengarungi 2024 dengan lebih matang. (min)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url