Pemilu 2024, PMI Cilegon Siagakan Tim Medis dan Ambulans


lintas86.com, Cilegon - Sebagai langkah upaya kesiapsiagaan dalam menyukseskan penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2024, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon siagakan tim pertolongan pertama dan ambulans.

Hal ini dibahas dalam rapat koordinasi pembentukan tim bidang kesehatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Cilegon, dengan dihadiri oleh PMI Kota Cilegon, Unsur TNI Polri, Kejaksaan, BPBD, Kesbangpol, IDI, PPNI, Asosiasi Klinik, Asosiasi Apoteker, UPTD P2KT, UPTD JPKM dan Puskesmas se-Kota Cilegon yang digelar di  Aula Lantai 2 Dinas Kesehatan Kota Cilegon.

"Salah satu agenda rapat hari ini yaitu pembahasan perihal draff SK Walikota tentang Pembentukan Tim Kesehatan Pemilu, untuk antisipasi apabila terjadi emergency (kedaruratan) kita telah menunjukn 4 (empat) Rumah Sakit Rujukan, diantaranya RSUD Cilegon, RS. Krakatau Medika, RS. Kurnia dam RS. Hermina serta Puskesmas (24 jam siaga)." terang Kabid Pemenuhan UKM & UKP Dinas Kesehatan Kota Cilegon, dr. Febri Naldo, pada hari Selasa (13/2/2024).

Lebih lanjut, Febri dalam kesempatan itu mengatakan kepada tim kesehatan agar melakukan arahan kepada penyelenggara dalam pelaksanaan pemilu untuk mengikuti protokol kesehatan.

Suasana Rapat PMI bersama Pemkot Cilegon Siaga Pemilu 2024

"Selain RS. Rujukan, kami juga akan menyiagakan Emergency Medical Team (EMT), yang mana nantinya seluruh tim agar melaporkan kegiatannya pada kejadian bencana baik alam, non alam dan/ atau konflik sosial. Selain itu agar tim kesehatan dapat memberikan arahan kepada seluruh penyelenggara dalam pelaksaan agar mengikuti protokol kesehatan, istirahat cukup, minum air putih yang cukup & tidak disarankan mengkonsumsi minuman energi." terangnya.

Sementara itu, Sekretaris PMI Kota Cilegon, Ujang Samsul dengan didampingi Staf Divisi Yankessos, Nurlela Sari pihaknya mengatakan siap membantu dalam menyukseskan pemilu 2024 ini dengan menyiapkan tim pertolongan pertama dan ambulans.

"Sesuai dengan mandat PMI dalam undang-undang nomor 1 tahun 2018 tentang kepalangmerahan, dalam mendukung pemerintah dalam layanan sosial kemanusiaan, salah satunya yaitu membantu dalam pelayanan kesehatan pada saat pemilu ini, tim pertolongan pertama dan ambulans akan kami siagakan, melakukan monitoring dilapangan serta melakukan edukasi promosi kesehatan, sesuai dengan arahan rapat dari Dinas Kesehatan." pungkasnya. (fah/min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url