Dua Dosen Unmer Pasuruan Ikuti Pelatihan Jurnal di Yogyakarta


lintas86.com, Pasuruan - Universitas Merdeka Pasuruan melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) telah menugaskan dua orang untuk mengikuti pelatihan jurnal di Yogyakarta pada Sabtu, 2 Maret 2024. 

Pelatihan ini diselenggarakan di kantor Relawan Jurnal Indonesia (RJI) di wilayah Bantul, DIY Yogyakarta.

Dua orang yang ditugaskan adalah Ascosenda, M.Pd dan Febri Nur Hayati, S.Kom yang sudah menjadi andalan dalam hal jurnal ilmiah di Universitas Merdeka Pasuruan. 

Ketua LPPM, Vita Fibriyani, M.Si, berharap bahwa peserta pelatihan ini akan menjadi pionir yang semakin mahir dalam bidang jurnal ilmiah di kalangan civitas akademika, khususnya di wilayah Pasuruan.

Vita juga menambahkan bahwa ini bukanlah penugasan pertama Universitas Merdeka Pasuruan terkait dengan jurnal ilmiah. 

Selain Yogyakarta, Universitas juga telah bekerja sama dengan kota-kota lain seperti Surabaya, Madiun, Lamongan, dan Malang untuk meningkatkan mutu jurnal ilmiah yang dihasilkan.

Pelatihan kali ini membahas tentang indeksasi jurnal ke Directory of Open Access Journals (DOAJ) dan di buka oleh Wakil Ketua RJI Pusat, Bapak Andista. 

Selain itu, pelatihan ini juga diisi oleh Managing Editor DOAJ, Bapak Ikhwan Arief. Inti dari pelatihan ini adalah bagaimana jurnal-jurnal di Indonesia dapat terindeks di DOAJ, mengingat sejauh ini hanya sekitar 20% jurnal di Indonesia yang diterima oleh DOAJ. 

Dari 13.000 jurnal yang mendaftar, hanya sekitar 1000 lebih jurnal yang diterima untuk indeksasi DOAJ. Oleh karena itu, perlu adanya perbaikan agar jurnal di Indonesia dapat terindeks dengan baik di DOAJ.

Diharapkan melalui pelatihan ini, nama Universitas Merdeka Pasuruan semakin dikenal melalui jurnal-jurnal ilmiah berkualitas yang dihasilkan.
 
Semoga hasil dari pelatihan ini dapat membawa dampak positif bagi kemajuan jurnal ilmiah di kampus dan juga di Indonesia secara keseluruhan. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url