Kolaborasi Kemanusiaan Ramadan: Ngabuburit dan Santunan di Panti Dhuafa Lansia Ngasinan



lintas86.com, Ponorogo - Nabung Jalanan Ponorogo, Info Kemanusiaan Ponorogo, Ponorogo Berbagi, dan Kawula Muda Berbagi bekerja sama untuk mengadakan acara rutin selama bulan Ramadhan, yaitu ngabuburit dan santunan ke Panti Dhuafa Lansia Ngasinan Jetis di Ponorogo pada hari Minggu, 24 Maret 2024.

Acara dimulai dengan pertemuan dengan pengelola panti untuk berdiskusi dan mengetahui kebutuhan mereka. Kemudian, kami berkeliling di dalam panti untuk menemui para penghuni, dan acara diakhiri dengan penyerahan donasi.

Panti yang dikelola oleh Mas Rama Philip ini memiliki sekitar 80 penghuni, kebanyakan adalah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan sekitar 20 orang merupakan Lansia Dhuafa. Mereka dikelompokkan berdasarkan tingkat produktivitas mereka, dan ditempatkan di ruang yang berbeda sesuai kebutuhan perawatan.

Para ODGJ mendapatkan pelayanan medis dan perawatan yang dibutuhkan untuk kesembuhan mereka. Panti juga sedang merancang ruang khusus untuk ODGJ yang masih labil dan agresif agar mereka tidak membahayakan penghuni lainnya. Para penghuni yang sudah sembuh dan memiliki keluarga akan dipulangkan.

Panti saat ini membutuhkan bantuan berupa bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari penghuninya, karena bantuan dari pemerintah tidak mencukupi. Kami berterima kasih kepada para donatur yang telah berkontribusi, antara lain Hamba Allah sebesar 500 ribu melalui Nabung Jalanan, Hamba Allah sebesar 300 ribu melalui Ponorogo Berbagi, dan Mas Soni Jambon sebesar 552 ribu melalui Kawula Muda Berbagi.

Donasi tersebut telah disalurkan dalam bentuk pakaian dan bahan makanan kepada panti. Kita percaya bahwa keberhasilan dan kebahagiaan akan lebih bermakna jika kita mau berbagi dengan sesama. Semoga kebaikan yang telah dilakukan dapat memberikan manfaat bagi para penghuni panti dan menginspirasi orang lain untuk turut membantu sesama. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url