Lebaran 2024, PMI Trenggalek Siagakan Puluhan Relawan dan Dua Ambulans



lintas86.com, Trenggalek – Dalam rangka memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat selama perayaan Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriyah, Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Trenggalek telah menyiapkan serangkaian layanan kemanusiaan. Sebanyak 25 relawan, 3 staf, dan 9 pengurus PMI ditugaskan di dua lokasi strategis, yaitu markas PMI Trenggalek dan pos lebaran yang terletak di jalan nasional Trenggalek-Tulungagung, Desa Pogalan, Kecamatan Pogalan, Trenggalek. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 5 April hingga 14 April 2024.

Hadi Triyono, Personil PMI Trenggalek, mengungkapkan bahwa selama periode tersebut, PMI berkolaborasi dengan Koramil Pogalan, Polsek Pogalan, dan PMI Kecamatan Pogalan. “Kami juga telah melaporkan semua aksi sosial yang kami lakukan selama Lebaran tahun ini kepada Kapolres, Kadinkes, dan Kadishub Trenggalek,” tambah Hadi.

Ribuan orang yang melintasi area posko telah mendapat manfaat dari layanan PMI. Para relawan dengan sigap memberikan bantuan yang terdiri dari Bantuan Pertolongan Pertama luka akibat kecelakaan ringan untuk 4 orang. Pemeriksaan kesehatan untuk 12 orang. Pelayanan Rest Area yang menyediakan kopi, teh, dan mie untuk 19 orang. dan Layanan lainnya yakni Menyeberangkan pemudik yang putar balik sebanyak 50 orang dan Mobilisasi tukang kunci motor untuk 2 orang, serta Memberikan informasi arah mudik kepada 10 orang.

Dengan dedikasi relawan dan kerjasama yang baik antara PMI dan instansi terkait, diharapkan kehadiran PMI Trenggalek dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik, serta membantu masyarakat yang membutuhkan selama periode lebaran.

"Kami berharap kehadiran kami di sini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat. Selamat Lebaran Idul Fitri, minal aidin wal faizin, mohon maaf lahir dan batin," ucap Hadi Triyono, menutup pernyataannya.

Layanan kemanusiaan PMI Trenggalek ini merupakan bentuk nyata dari komitmen organisasi sosial kemanusiaan terbesar di Indonesia dalam membantu masyarakat, khususnya dalam menyambut hari yang fitri. 

Sementara itu, Wakil Ketua Pengurus PMI Trenggalek, Mahsun Ismail, saat meninjau pos siaga lebaran 2024 menyampaikan apresiasi atas kesiapan dan kesigapan PMI Trenggalek dalam memeberikan layanan selama lebaran 2024.

Seiring datangnya momen Lebaran 2024, kita berkumpul di sini dalam semangat kebersamaan dan kemanusiaan. Saya dengan rasa bangga dan apresiasi yang mendalam terhadap kesiapan pengurus, staf, dan relawan PMI Trenggalek dalam merespons panggilan kemanusiaan.

"Kehadiran puluhan relawan dan dua unit ambulans yang telah kita siagakan ini adalah bentuk nyata dari komitmen kita untuk menyediakan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat. Ini adalah wujud dari dedikasi dan kepedulian kita untuk memastikan kenyamanan dan keamanan seluruh masyarakat yang merayakan hari kemenangan,". Ungkapnya

"Semoga upaya kita ini menjadikan PMI semakin dekat di hati masyarakat, tidak hanya dari kedekatan geografis tetapi juga dari kedekatan emosional, karena PMI ada untuk berbagi, membantu, dan meringankan beban sesama,". Jelasnya

"Mari kita terus jaga semangat ini, bergerak bersama, dengan harapan kehadiran kita akan selalu menjadi sumber kenyamanan dan kebaikan, sekarang dan di masa yang akan datang,". Ujarnya

Mahsun juga mengucapkan terimakasih kepada Danramil atas dukungan dan kerjasama dari Koramil Pogalan.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya, Mahsun Isma'il, atas nama Palang Merah Indonesia Kabupaten Trenggalek, ingin mengungkapkan rasa terima kasih yang tulus dan mendalam atas izin dan dukungan yang Bapak berikan. Lokasi dan fasilitas penunjang yang telah disediakan merupakan bagian vital yang menunjang kelancaran kegiatan pos Siaga Lebaran PMI di wilayah kita,". Jelasnya

"Kerjasama ini tidak hanya mencerminkan solidaritas yang kuat antara PMI dan Koramil Pogalan, tetapi juga semangat bersama untuk memastikan kenyamanan dan keamanan masyarakat dalam merayakan Idul Fitri,". Tambahnya

"Kami berharap bahwa kerjasama ini akan terus berlanjut dan semakin memperkuat jalinan kemanusiaan yang telah terbina dengan baik. Sekali lagi, terima kasih atas segala bentuk dukungan dan kepercayaan yang telah diberikan kepada kami,". Pungkasnya (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url