Relawan PMI Jatim Ajak Anak-Anak Bawean Bermain Pasca Gempa




lintas86.com, Gresik - Pasca Gempa Bawean, Relawan PMI Provinsi Jawa Timur memberikan dukungan psikososial bagi pengungsi gempa bumi di Dusun Dedawang Desa Teluk Jati Dawang Kecamatan Tambak Bawean Kabupaten Gresik (15/04/2024).

Pasca Gempa Bawean 22 Maret lalu, masih menyisakan trauma yang mendalam bagi masyarakat di Pulau Bawean mulai dari Anak-anak hingga orang dewasa.

Oleh karena itu, 6 orang Relawan PMI Provinsi Jawa Timur memberikan dukungan Psikososial Support Service (PSS) dengan terjun langsung ke masyarakat hingga saat ini, masih tinggal di Temporary Shelter yang berada di Dusun Dedawang. 

Terdapat 33 anak-anak,  yang  berusia 3 sampai dengan 18 tahun, yang terdiri dari 14 Laki-Laki, dan 19 perempuan mengikuti kegiatan PSS di Desa  teluk jatidawang Kecamatan Tambak Gresik Jawa Timur. 

PMI Provinsi Jawa Timur mengajak anak-anak bermain dengan cara mendongeng menggunakan boneka, selain itu anak-anak juga diberikan permainan dan menggambar untuk mengurangi rasa trauma pasca gempa bumi bawean, anak-anak sangat antusias dan terhibur dengan adanya tim dari relawan PMI Provinsi Jawa Timur.

Elvana Kusdijanto selaku Koordinator PSS PMI Provinsi Jawa Timur menyampaikan bahwa kegiatan PSS merupakan kegiatan dukungan psikososial bagi masyarakat pasca gempa bawean yang masih trauma untuk beraktivitas di dalam rumah, dengan adanya kegiatan PSS ini diharapkan masyarakat bisa beraktivitas kembali seperti semula, memberikan dukungan untuk penyesuaian pasca terjadinya gempa, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengubah perilaku masyarakat setempat supaya tidak mengalami trauma untuk kembali lagi ke rumah masing-masing dan memberikan dukungan kepada anak-anak yang juga mengalami trauma pasca terjadi nya gempa.

Samhiya selaku orang tua salah satu anak yang mengikuti program PSS menyampaikan bahwa kegiatan dukungan psikososial tersebut bermanfaat sebagai langkah support dan motivasi untuk anak-anak, karena pasca gempa tidak hanya orang dewasa saja yang mengalami trauma tetapi juga anak-anak yang masih takut untuk beraktivitas dan masuk kedalam rumah.

Farah yang merupakan murid di SDN 487 Gresik, yang mengikuti kegiatan PSS sangat antusias, karena bisa menjadi aktivitas yang sangat bermanfaat pada saat sekolah masih libur juga bisa terhibur dengan adanya kegiatan yang diselenggarakan oleh Relawan PMI Provinsi Jawa Timur. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url