Buka Pelatihan Pertolongan Pertama, Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto: Relawan Harus Selalu Siap Menolong


lintas86.com, Kebumen - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen selenggarakan kegiatan Pelatihan Spesialisasi Pertolongan Pertama di Gedung Pusdiklat PMI Kebumen.

Kegiatan Pelatihan Spesialisasi Pertolongan Pertama dilaksanakan selama empat hari mendatang pada 29 Nov- 02 Des 2023. 

Pelatihan kali ini diikuti oleh kurang lebih 20 peserta yang berasal dari relawan PMI Kebumen.

Pelatihan Spesialisasi Pertolongan Pertama dibuka langsung oleh Ketua PMI Kebumen Drs.H. Sabar Irianto dan didampingi Kabid PB dan Relawan PMI Kebumen Drs. Bambang Widadi.

Dalam kesempatannya kali ini, Ketua PMI Kebumen menjelaskan tentang kewajiban relawan yang harus siaga 24 jam dalam memberikan pertolongan pertama.

“Relawan harus siap ditempatkan dimanapun dan kapanpun dalam 24 jam, terutama dalam hal pertolongan pertama. Maka dari itu kapasitas pengetahuan bagi relawan sangat perlu ditingkatkan melalui spesialisasi pertolongan pertama ini relawan diharapkan mampu mengupgrade kemampuannya masing-masing,” Ujar Sabar Irianto.

Lebih jauh ia menjelaskan setelah kegiatan selesai peserta akan mendapatkan sertifikasi BNSP dari Pusat

"Dilatih selama empat hari spesialisi ini nanti peserta kalian akan mendapatkan sertifikasi dari BNSP, jelas tersertifikasi keahliannya" tambahnya

Pelatihan menghadirkan narasumber handal, yaitu Heri Bule dari PMI Pusat. Dan Mukhsinun, S.H.I., M.E.I Sekretaris PMI Kebumen

Selama pelatihan berlangsung, berikut materi yang didapatkan para peserta yakni; Kepalangmerahan, Operasional pelayanan PP, Prinsip umum PP, Psyhicological First Aid (PFA), Anatomi Faal tubuh dan penilaian, BHD & RJP AED, Perdarahan dan syock, Penanganan cedera jaringan lunak & otot, Penanganan cedera rangka kepala & tulang belakang, Evakuasi dan triage, Luka bakar dan keracunan, Terapi cairan dan oksigen  serta Konsumsi medis. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url