Inspiratif, Guru di Ponorogo Dirikan Asrama untuk Warga Kurang Mampu


lintas86.com, Ponorogo - Hari Guru Nasional tidak hanya menjadi momen untuk menghargai peran guru dalam membentuk generasi bangsa, namun juga ada sisi lain yang dilakukan oleh para pendidik.

Di tengah semangat peringatan Hari Guru Nasional, seorang guru di SMK Negeri 2 Ponorogo, bernama Tarmin ini, patut menjadi inspirasi. Selain dedikasinya mengajar siswa-siswinya, ia juga mendirikan asrama atau rumah singgah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

Keinginannya untuk mendirikan rumah singgah cukup kuat, bahkan ia rela menyisihkan sebagian dari gajinya untuk menyewa sebuah rumah di Jalan Anjani Segading, Ponorogo. 

Di rumah singgah tersebut menjadi tempat tinggal atau kost bagi anak-anak kurang mampu terutama anak didiknya yang bersekolah di SMK Negeri 2 Ponorogo.

Apa yang diperbuat oleh Tarmin menunjukkan bahwa dedikasi sebagai seorang guru tidak hanya terbatas pada ruang kelas, tetapi mencakup perhatian terhadap perkembangan dan kepedulian terhadap siswa di luar lingkungan sekolah. 

Semangat kepedulian sesama juga ditanamkan dan melibatkan anak-anak dalam kegiatan positif ini, yang berdampak untuk membentuk karakter mereka. 

Selain itu, di Asrama yang diberi nama Griya Amanah ini, anak-anak juga diberikan bekal ketrampilan kecakapan hidup melalui kegiatan bercocok tanam aneka buah dan sayuran.

Program bertanam ini bukan hanya sekadar aktifitas dibidang pertanian, tetapi merupakan sarana untuk mengajarkan anak-anak tentang kepedulian sosial. Dimana hasil panennya tidak hanya dinikmati oleh mereka, tetapi juga dibagikan kepada tetangga dan siapa saja yang membutuhkan. 

Bagi Tarmin, bahwa apa yang dilakukan bisa memberikan bekal ketrampilan dan kecakapan hidup kepada anak-anak, dengan harapan bisa berguna nanti dimasa depan mereka sendiri.

Motivasi Tarmin untuk memberikan layanan ini berasal dari ajaran agama yang menyatakan, "Barang siapa yang melepaskan suatu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat" (HR Muslim). Atau bisa diartikan sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang-orang di sekitarnya.

Rumah singgah yang didirikan Tarmin juga ada manfaat lain, tidak sekedar membantu para siswa, namun sebagai bentuk tanggung jawab sosial, karena rumah tersebut juga diperuntukkan untuk membantu pasien dan pendamping yang kurang mampu saat sedang menjalani perawatan dirumah sakit rujukan di Ponorogo. 

Bagi masyarakat yang memerlukan bantuan hunian sementara, mereka dapat menghubungi nomor kontak 085293174612. 

Semoga apa yang dilakukan oleh Tarmin dapat menjadi inspirasi bagi kita semua untuk memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar kita. 

Selamat Hari Guru Nasional!
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url