PMI Jatim Terima Kunjungan Tim Asesor dari Pusat



lintas86.com, Surabaya - Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Jawa Timur menerima kunjungan Tim Asesor PMI Pusat di Kantor Markas PMI Jatim, Jln. Karang Menjangan, Surabaya. 

Kunjungan tersebut merupakan bagian dari kegiatan verifikasi akreditasi PMI yang dilakukan oleh Tim Penilai dari PMI Pusat dan PMI DKI Jakarta.

Tim Asesor tersebut tiba di Markas PMI Provinsi Jawa Timur untuk melakukan verifikasi akreditasi, yakni kegiatan penilaian kapasitas organisasi atau asesmen untuk memperoleh pengakuan dari PMI Pusat tentang pemenuhan syarat kebakuan atau kriteria tertentu. 

Pelaksanaan akreditasi ini dilaksanakan mulai tanggal 13 hingga 17 November 2023 bertempat di Markas PMI Provinsi Jawa Timur.

Kepala Sub Divisi Pengembangan Kapasitas PMI Pusat, Achmad Djaelani, menjelaskan bahwa PMI Provinsi Jawa Timur merupakan salah satu dari 22 PMI Provinsi yang telah menjalani proses akreditasi. 

Proses tersebut melalui pra assessment dengan melihat kualitas dokumen serta melalui wawancara dengan Pengurus, Staf, dan Relawan PMI. 

Setelah melalui proses penilaian, akan ada rekomendasi hasil dari asesor yang akan diajukan ke komite.

Dalam akreditasi ini terdapat empat kategori: terakreditasi (nilai 0-20), akreditasi pratama (nilai 20-50), madya (nilai 50-80), dan utama (nilai 80-100). 

Harapan dari PMI Pusat adalah agar semua PMI Provinsi dapat mencapai kategori terakreditasi utama, sehingga dapat berjalan dengan baik secara mandiri tanpa adanya pendampingan dari PMI Pusat.

Ketua PMI Jatim melalui wakil ketua Bidang Organisasi, Muchammad Taufiq, PMI Provinsi Jawa Timur menyatakan bahwa akreditasi ini merupakan upaya untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap layanan PMI di Jawa Timur. 

Proses akreditasi tersebut juga diharapkan dapat membantu PMI Provinsi Jawa Timur dalam memperbaiki kinerjanya.

Dengan demikian, kunjungan Tim Asesor PMI Pusat tersebut menjadi salah satu langkah penting dalam memastikan kualitas serta kesesuaian PMI Provinsi Jawa Timur dengan standar yang telah ditetapkan oleh PMI Pusat. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url