PMI Kebumen Gelar Diklat Relawan


lintas86.com, Kebumen - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen mengadakan kegiatan Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) Korps Sukarela (KSR) Unit Markas PMI Kabupaten Kebumen pada Selasa, 21 November 2023. 

Rencananya, Diklatsar KSR akan berlangsung selama empat hari, dimulai dari hari Selasa, 21 November hingga 25 November 2023.

Acara diikuti oleh 42 peserta, terdiri dari 20 peserta laki-laki dan 22 peserta perempuan, yang berasal dari kalangan mahasiswa dan masyarakat umum.

Kegiatan Diklatsar KSR ini berlangsung di gedung Aula PMI Kebumen dan secara resmi dibuka oleh Ketua PMI Kebumen, Drs. H. Sabar Irianto, yang didampingi oleh Kabid Relawan dan PB, Drs. Bambang Widadi. Acara dibuka dengan penyerahan tanda peserta calon anggota relawan KSR.

Dalam sambutannya, Ketua PMI Kebumen, Drs. H. Sabar Irianto, menekankan tentang tugas dan peran seorang relawan, yang harus dilandasi oleh rasa ikhlas dan memiliki fisik yang kuat. Ia menyampaikan.

 "Menjadi relawan itu luar biasa, harus memiliki rasa ikhlas dalam menolong orang lain, dan menjadi relawan juga harus memiliki fisik yang kuat dan sehat. Kuncinya menjadi relawan hanya dua hal itu. Kita lihat saja, seperti teman-teman yang sudah bergabung menjadi relawan PMI yang ketika kemarau, siapa yang standby 24 jam, kita dropiing air ke pelosok." Ungkapnya

Dalam Diklatsar ini, para peserta diberikan serangkaian materi, antara lain: Pengantar bencana & konflik, manajemen relawan PMI, Gerakan PM & BSMI, Pertolongan Pertama, Asesmen, Konsep dasar manajemen bencana, kode perilaku relawan PMI, Fasilitasi PMR, Perawatan Keluarga, Etika Organisasi dan peran relawan dalam organisasi, Komunikasi & Advokasi Dasar, Pengantar Siklus Program, Simulasi Evakuasi, Kepemimpinan dan Bekerja dengan tim, dan Isu lintas sektor.

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Kepengurusan KSR tahun 2023, yang diterima oleh Ketua KSR, Wahyu Maulana.

Hal ini menunjukkan komitmen PMI Kabupaten Kebumen dalam mempersiapkan dan melatih generasi muda untuk menjadi relawan yang siap dan berkualitas dalam menangani berbagai situasi darurat serta aksi kemanusiaan secara umum. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url