Wisatawan Hilang Tersapu Ombak di Pantai Sanggar, Tulungagung


lintas86.com, Tulungagung - Seorang wisatawan dilaporkan hilang setelah tersapu ombak di Pantai Sanggar, Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung pada hari Minggu (12/11/2023). 

Korban yang bernama Nanda Krisdianto (19) merupakan warga Lingkungan 8 Desa Ngunut, Kecamatan Ngunut, Kabupaten Tulungagung.

Menurut informasi yang diperoleh, sebelum kejadian, korban bersama dengan tiga temannya memutuskan untuk bermain di tebing di tepi Pantai Sanggar untuk menikmati ombak. 

Kepala Desa Jengglungharjo, Rudi Santoso, mengatakan bahwa empat pemuda tersebut datang menggunakan sepeda motor, namun mereka memilih untuk bermain di tebing, yang sebenarnya merupakan daerah yang dilarang.

Rudi menambahkan bahwa saat ini Pantai Sanggar tidak memungut retribusi, sehingga tidak ada petugas yang berjaga di lokasi tersebut. 

Empat pemuda asal Ngunut ini diduga bermain di tebing yang biasa disebut sebagai "cengger" oleh warga setempat. 

Di tebing ini, ombaknya terlihat indah karena adanya muncratan air ke udara setiap kali ombak menghantam tebing.

Desa Jengglungharjo telah menempatkan tulisan larangan bermain di lokasi tersebut, namun karena tidak adanya petugas yang menjaga, larangan tersebut sering diabaikan. 

Saat bermain di tebing, keempat pemuda tersebut tiba-tiba tersapu ombak yang datang dengan sangat besar. 

Tiga orang berhasil selamat, namun korban, Nanda Krisdianto, tidak bisa ditemukan dan diduga terbawa ombak.

Upaya pencarian korban sudah dilakukan, namun hingga saat ini belum membuahkan hasil. 

Kepala Desa Jengglungharjo, Rudi Santoso, telah melaporkan kejadian ini ke Polisi dan Kepala Desa setempat. Pantai Sanggar merupakan salah satu gugusan pantai alami di Desa Jengglungharjo, bersama dengan Pantai Ngalur, Pathuk Gebang, dan Jung Pakis. 

Keindahan Pantai Sanggar pernah membuatnya menjadi lokasi acara World Rainbow Gathering pada tahun 2017, yang merupakan pertemuan para pecinta wisata alam dari berbagai negara.

Meskipun indah, Pantai Sanggar sangatlah berbahaya untuk berenang. Di bagian tepinya terdapat banyak batu karang yang menonjol, dan ombaknya pun cukup besar. 

Masyarakat dihimbau untuk selalu berhati-hati ketika berwisata di pantai ini untuk menghindari bahaya serupa. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url