Jusuf Kalla Bantu Korban Banjir Demak



lintas86.com, Demak - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla atau JK melakukan kunjungan dan memberikan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban bencana banjir di Demak, Jawa Tengah. Bersama Bupati Demak, Hj Esti'anah, JK memberikan bantuan awal berupa Hygiene Kit atau alat-alat kebutuhan kesehatan kepada korban terdampak banjir.

JK menyatakan bahwa bantuan tersebut adalah tahap awal, dan PMI akan terus membantu dengan kebutuhan utama bagi masyarakat korban banjir. Rencananya, bantuan selanjutnya akan mencakup sarung, makanan bayi, alat perlengkapan ibu-ibu, dan kebutuhan lainnya sesuai dengan data kebutuhan utama masyarakat.

Menurut JK, bencana banjir yang melanda Demak untuk kedua kalinya ini disebabkan oleh faktor perubahan iklim. Namun, faktor kurangnya kesadaran warga dalam menjaga lingkungan dan daerahnya juga dapat menyebabkan banjir.

Di sisi lain, laporan Posko banjir Demak mencatat bahwa 11 dari 14 kecamatan terkena dampak banjir karena jebolnya tanggul Sungai Wulan di Kecamatan Karanganyar pada Minggu, 17 Maret 2024. Kecamatan yang terdampak antara lain Demak, Karangtengah, Sayung, Mranggen, Wonosalam, Karanganyar, Karangawen, Kebonagung, Guntur, Dempet, dan Gajah. Sebanyak 25.069 rumah di 11 kecamatan terendam banjir dan sebanyak 24.134 jiwa terpaksa mengungsi di beberapa titik.

JK menekankan pentingnya kerja sama antara pemerintah, lembaga kemanusiaan, dan masyarakat dalam penanggulangan dampak bencana. Dengan bantuan yang diberikan, diharapkan dapat meringankan beban dan mempercepat pemulihan bagi masyarakat yang terdampak banjir di Demak. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url