Tim SAR Gabungan Berhasil Evakuasi Korban Pesawat Smart Aviation


lintas86.com, Tarakan - Tim SAR Gabungan Kota Tarakan telah berhasil mengevakuasi korban pesawat kargo jenis PC-21 Pilatus Porter PK - SNE yang jatuh pada hari Jumat tanggal 08 Maret 2024. Pesawat tersebut dilaporkan hilang kontak setelah lepas landas dari Bandara Internasional Juwata Tarakan menuju Nunukan, Kalimantan Utara. 

Pada hari ketiga evakuasi, Minggu tanggal 10 Maret 2024, Tim SAR Gabungan melaksanakan operasi SAR untuk menemukan dan mengevakuasi korban yang sudah ditemukan di koordinat 03 43’27.60” N, 11556’ 32.40” E.

Operasi evakuasi melibatkan 6 personil Tim Medis dan 1 unit Ambulans dari PMI Kota Tarakan yang standby di kantor Bandara Juwata Tarakan, bersama Tim SAR Gabungan. 

Mereka bekerja sama dengan TNI AD dan Basarnas untuk proses evakuasi korban pesawat tersebut. 

Dalam operasi evakuasi, 3 alat utama disiapkan, termasuk Helikopter Bell milik TNI AD yang menerjunkan 10 personil dengan menggunakan rapeling. 

Helikopter TNI AU H-225 M Caracal juga ikut berpartisipasi dalam evakuasi korban pesawat yang berhasil ditemukan.

Korban yang dievakuasi dari lokasi jatuhnya pesawat adalah Capt. M. Yusuf sebagai pilot dan Deni S sebagai teknisi pesawat kargo Smart Aviation. 

Meskipun Capt. M. Yusuf selamat, namun sayangnya Deni S dinyatakan meninggal dunia.
 
Kedua korban dievakuasi dengan Helikopter H225 M Caracal TNI AU dari Skadron Udara 8 Lanud Atang Sendjaja, untuk dibawa ke Lanud Anang Busra, Tarakan. 

Korban selamat langsung dibawa ke RSUD dr. Jusuf Tarakan untuk mendapatkan perawatan medis lanjutan.

Selain itu, evakuasi korban juga melibatkan Pesawat Boeing 737 AI-7302 dari Skadron Udara 5, yang membantu dalam proses pencarian lokasi jatuhnya pesawat.

Tim SAR Gabungan tersebut terdiri dari beberapa instansi dan lembaga, antara lain BASARNAS, TNI AU LANUD ANANG BUSRA, KODIM 0907 TARAKAN, POLRES TARAKAN, TNI AD 613/RJA, BMKG TARAKAN, AIRNAV, MAF, PT. SMART AVIATION, DVI POLRI, PMI TARAKAN, PPNI, BANDAR UDARA JUWATA, BRIMOB POLDA KALTARA, BABINSA KARANG ANYAR PANTAI, pers, KNKT, DOKPOL TARAKAN, dan SATRAD 225 TARAKAN.

Dengan kerja sama dan koordinasi yang baik dari seluruh pihak terkait, evakuasi korban pesawat milik Maskapai Smart Aviation yang jatuh di daerah Binuang Kabupaten Nunukan Kalimantan Utara berhasil dilaksanakan. 

Semoga korban yang selamat dapat segera pulih dan keluarga korban yang meninggal diberi ketabahan. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url