PMI Cilegon Gelar Simulasi Penanganan Bencana



lintas86.com, Cilegon - Dalam upaya meningkatkan kapasitas relawan dan masyarakat, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Cilegon menggelar kegiatan simulasi penanganan tanggap darurat bencana yang digelar di Lingkungan Gunung Batur II, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Pulomerak Kota Cilegon. 

Kegiatan simulasi penanganan bencana ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 26-28 April 2024 memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana (HKB) ke-III tahun 2024.
 
Hadir dalam kegiatan pembukaan simulasi ini Wakil Ketua PMI Kota Cilegon, Encep Nurdin, Ketua Bidang Penanggulangan Bencana, Hedi Jamhari, Bendahara, Muhammad Yunus, Kepala Markas, Nurwarta Wiguna, perwakilan PMI Provinsi Banten.

Hadir pula Basarnas Banten, Kodim Cilegon, BMKG Serang, Tagana Cilegon, PMI Kabupaten/Kota se-Banten, PMI Kecamatan Se-Cilegon, Universitas Al-Khairiyah,  Camat Pulomerak, Hoero Sanjaya, Lurah Mekarsari, Fatoni Ketua RT. 002 Lingkungan Gunung Batur, Fadlillah.

"Terimakasih kepada bapak/ibu dari seluruh undangan atas kehadiran dan partisipasinya dalam kegiatan peringatan hari kesiapsiagaan bencana ini, salah satu rangkaian kegiatannya yang akan kita lakukan yaitu simulasi tanggap darurat bencana yg akan dimulai dari sore hari ini hingga minggu besok dengan melibatkan masyarakat nantinya, atas nama Pengurus PMI Kota Cilegon mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Lingkungan Gunung Batur II atas diterimanya kami disini untuk bersama-sama belajar pada simulasi nanti". Terang Wakil Ketua PMI Kota Cilegon, Encep Nurdin, saat membuka kegiatan simulasi di lingkungan Gunung Batur II, pada hari Jum'at (26/4/2024) 

Pada kegiatan pembukaan simulasi tersebut dirangkai dengan pemberian bantuan tandon air, bibit tanaman dan kompos kepada warga lingkungan Gunung Batur II, diserahkan secara simbolis kepada Ketua RT. 002, pemberian penghargaan kepada Mitra PMI yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan simulasi.

Sementara itu, Camat Pulomerak, Hoero Sanjaya pihaknya mengapresiasi atas inisiasi kegiatan simulasi bencana yang melibatkan warganya. 

"Kami mengucapkan ribuan terimakasih kepada PMI Kota Cilegon, sejak tahun 2014, kami sewaktu bertugas di Kelurahan Mekarsari, masyarakat kami dibantu oleh PMI dalam permasalahan air bersih dengan membuatkan perlindungan sumber mata air dibeberapa tempat, seperti di Lingkungan Ciporong, Sumur Pring, Tembulum dan Gunung Batur II ini. Kami mengapresiasi PMI Kota Cilegon yang pada peringatan HKB tahun 2024 ini menggelar kegiatan simulasi dengan melibatkan masyarakat kami di Lingkungan Gunung Batur II ini, simulasi ini penting dilakukan bersama-sama dengan melibatkan instansi terkait dan masyarakat agar tidak panik dan tau apa yang harus dilakukan jika bencana terjadi. " Katanya. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url