PMR SMPN 11 Magelang Laksanakan Jumat Berkah




lintas86.com, Magelang - Palang Merah Remaja (PMR), sebuah organisasi di bawah naungan Palang Merah Indonesia (PMI), memiliki fokus pada pembinaan dan pengembangan remaja di sekolah-sekolah. 

Kegiatan PMR umumnya dijadikan sebagai kegiatan ekstrakurikuler di sekolah-sekolah. 

PMR terbagi atas tiga tingkatan, yaitu PMR Mula, PMR Madya, dan PMR Wira, dengan masing-masing tingkatan memiliki pengertian dan peran yang berbeda.

Di SMP Negeri 11 Magelang, PMR berada pada kategori PMR Madya, yaitu PMR dengan tingkatan setara pelajar sekolah menengah (12-15 tahun) dengan warna seragam berwarna biru langit. 

Peran dan fungsi PMR Madya adalah sebagai peer support, yaitu memberikan dukungan, bantuan, dan semangat kepada teman sebaya untuk meningkatkan keterampilan hidup sehat.

Dalam upaya menerapkan dan mengaplikasikan Tri Bhakti PMR, PMR Madya SMP Negeri 11 Magelang melaksanakan kegiatan Jumat Berkah pada Jumat, 26 April 2024. 

Mereka memberikan puluhan snack kepada warga masyarakat, penjual, dan pejalan kaki di sekitar sekolah. 

Kegiatan ini diinisiasi oleh Tiffani, seorang anggota PMR senior dan juga anggota kelas 9A.

Tiffani menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan implementasi dari Tri Bhakti PMR, dan hasil dari iuran gotong royong anggota PMR. 

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih kepedulian terhadap sesama.

Diharapkan program ini dapat dievaluasi oleh semua anggota PMR dan dapat dilanjutkan pada periode yang akan datang. 

Sementara itu, Kepala sekolah SMPN 11 Magelang yag juga sekaligus penanggungjawab PMR,Deni Kurniyawan, menambahkan, atas nama sekolah mengapresiasi kegiatan positif yang dilakukan PMR 

Kegiatan Jumat Berkah ini merupakan salah satu upaya nyata PMR Madya SMP Negeri 11 Magelang dalam menerapkan nilai-nilai Tri Bhakti PMR dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar sekolah. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url