Ribuan Peserta Sukseskan LKS SMK Tingkat Jatim 2024




lintas86.com, Madiun - Sebanyak 1.728 peserta mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK ke-32 Tingkat Provinsi Jawa Timur 2024 yang digelar di tujuh daerah, salah satunya Kota Madiun.

Pembukaan LKS SMK tingkat provinsi tersebut dilakukan oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Timur, Adhy Karyono, di Gelanggang Olahraga Stadion Wilis Kota Madiun, Selasa (23/4/2024).

Adhy Karyono berharap Jawa Timur dapat mempertahankan prestasi Juara Umum LKS tingkat nasional yang diraih tahun lalu. Untuk itu, ia menekankan perlunya standar nasional dan peningkatan kualitas pelaksanaan LKS tingkat provinsi.

"Kompetisi ini harus mengasah karakter positif, produktif, serta kreatif siswa. Pendidikan vokasi harus diprioritaskan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas, berkualitas unggul, dan kompetitif," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Madiun Maidi menyambut baik penyelenggaraan LKS SMK di kotanya. Ia berharap Madiun dapat dipercaya menjadi tuan rumah kegiatan serupa di masa mendatang.

Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Aries Agung Paewai, menyampaikan harapannya agar LKS ke-32 ini melahirkan siswa-siswa berprestasi dengan keterampilan yang unggul.

"Skill-skill yang dimiliki siswa harus melebihi standar juara satu, menjadi ahli sejati dalam bidangnya," tegasnya.

Dindik Jatim juga akan memberikan apresiasi khusus kepada para siswa berprestasi, salah satunya melalui penyerapan tenaga industri dan jalur prestasi bagi juara LKS.

"Kami ingin siswa-siswa ini terhubung langsung dengan dunia kerja. Setiap juara akan kami salurkan ke industri untuk memberikan manfaat yang langsung terasa," jelas Aries.

LKS SMK ke-32 Tingkat Provinsi Jawa Timur 2024 mempertandingkan 54 bidang lomba, menampilkan expo SMK, ekspos SMK, dan Job Matching. Kompetisi ini digelar pada 23-26 April 2024 di tujuh daerah, yaitu Kota Madiun, Kabupaten Madiun, Kabupaten Magetan, Kabupaten Ponorogo, Kabupaten Ngawi, Kabupaten Pacitan, dan Kabupaten Tulungagung. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url