SMAN 1 Badegan Gelar Karya P5, Pamerkan Hasil Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila



lintas86.com,  Ponorogo - SMAN 1 Badegan menggelar Gelar Karya Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pada 22-25 April 2024. Acara ini merupakan puncak dari rangkaian tahapan projek P5 yang telah dilaksanakan oleh siswa-siswi sekolah tersebut.

Gelar Karya P5 merupakan pameran hasil karya projek yang dilakukan oleh siswa mulai dari kelas X hingga XI. Untuk kelas X, tema projek yang diangkat adalah kearifan lokal, sedangkan untuk kelas XI adalah Bineka Tunggal Ika.

Kepala SMAN 1 Badegan, Toha Mahsun S.Pd. M.Pd.I, mengatakan bahwa Gelar Karya P5 merupakan wujud nyata implementasi Kurikulum Merdeka di sekolahnya.

"Projek P5 ini tidak hanya mengajarkan siswa tentang pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga tentang nilai-nilai luhur yang terkandung dalam profil pelajar Pancasila," ujar Toha Mahsun

Dalam projek P5, siswa belajar dari teman, guru, dan bahkan tokoh masyarakat sekitar. 

Mereka mengembangkan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap dengan cara yang lebih kontekstual dan aplikatif.

Salah satu projek yang dipamerkan dalam Gelar Karya P5 adalah pembuatan batik ecoprint oleh siswa kelas X. 

Siswa belajar tentang teknik membatik menggunakan bahan-bahan alami, seperti daun dan bunga. 

Mereka juga belajar tentang nilai-nilai luhur, seperti kerja sama dan kreativitas.

Sementara itu, siswa kelas XI menampilkan projek tentang keberagaman budaya Indonesia. 

Mereka membuat pameran yang menampilkan berbagai macam kerajinan tangan, pakaian adat, dan makanan tradisional dari berbagai daerah di Indonesia.

Gelar Karya P5 mendapat apresiasi positif dari berbagai pihak, termasuk orang tua siswa dan masyarakat sekitar. 

Mereka menilai bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi siswa dalam mengembangkan kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

"Saya sangat bangga melihat karya-karya yang dihasilkan oleh siswa-siswi SMAN 1 Badegan. Mereka telah belajar banyak hal tidak hanya tentang pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga tentang nilai-nilai luhur bangsa Indonesia," ujar salah satu orang tua siswa.

Gelar Karya P5 SMAN 1 Badegan diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi sekolah-sekolah lain dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. (min)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url