Peduli, Relawan Gesit Bantu Korban Gempa di Purasari, Bogor

 

lintas86.com, Bogor - Relawan Gesit Kota Bogor menjalankan kegiatan penanggulangan bencana gempa di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor, selama 4 hari, mulai tanggal 21 hingga 24 Desember 2023.

Kegiatan ini melibatkan 25 relawan Gesit dari berbagai latar belakang, termasuk tenaga kesehatan, logistik, dan psikososial.

"Kegiatan dari relawan Gesit ini akan dilaksanakan selama 4 hari dengan pelayanan, mulai dari pelayanan kesehatan, distribusi logistik, makanan sehat, buah, sayur, bubur kacang hijau, susu, juga dilaksanakan fun game oleh tim Psikososial," jelas Indra Kurniawan, Field Coordinator Relawan Gesit Kota Bogor.

Indra menambahkan bahwa dalam kegiatan ini, Relawan Gesit juga berkoordinasi dengan pihak Kecamatan Leuwiliang, Desa Purasari, dan BPBD Kabupaten Bogor.

"Unsur yang terlibat di lokasi kegiatan cukup banyak, di antaranya ada teman-teman dari KSR IPB, KSR Unpak, menwa Djuanda, karang taruna setempat, dan unsur lainnya," imbuhnya.

Sementara itu, Claudia Putri Rosanya, Tim Pelayanan Kesehatan Relawan Gesit, berharap agar warga sekitar lokasi bencana gempa, khususnya di Desa Pura Sari, segera membaik kondisi kesehatannya setelah mendapatkan pelayanan kesehatan dari timnya.

"Kami juga berharap agar anak-anak di Desa Pura Sari dapat kembali ceria seperti sebelumnya melalui kegiatan psikososial yang telah dilaksanakan," ujarnya.

Muhammad Farhan, Tim Psikososial Relawan Gesit, menuturkan bahwa antusiasme warga terhadap kegiatan psikososial dan pelayanan kesehatan dari Relawan Gesit sangat tinggi.

"Hal ini menandakan bahwa kedatangan kami disambut dengan sangat baik," ungkapnya.

Salah seorang warga Desa Purasari, Ibu Aan, mengaku sangat terbantu dengan kehadiran Relawan Gesit.

"Dulu kita seringnya hanya menonton berita gempa di televisi, sekarang kita merasakan sendiri. Ternyata seminggu di tenda membuat jenuh juga ya, apalagi getaran tiap hari ada saja, kadang malam hari selalu ada gemuruh," tuturnya dengan logat bahasa Sunda yang khas.

"Terima kasih buat salam setara ya, ade-ade relawan baik-baik periksa kesehatan warga di sini setiap malam," lanjutnya.

Ibu Aan berharap agar gempa yang terjadi di Desa Purasari tidak terulang lagi. Ia juga berharap agar pemerintah dapat segera memberikan bantuan kepada warga yang terdampak gempa. (min)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url