Moh. Sumarsono Kembali Dipercaya Pimpin PMI Grobogan


lintas86.com, Grobogan - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Grobogan menggelar Musyawarah Kabupaten (Muskab) Ke X pada tanggal 30 April 2024 di Gedung Riptaloka Setda Grobogan.

Muskab ini dihadiri oleh perwakilan dari seluruh kecamatan di Kabupaten Grobogan perwakilan dari PMI Provinsi Jawa Tengah, Forkopimda, Karyawan PMI dan forum relawan seperti DDS, KSR, TSR PMI Kabupaten Grobogan.

Dalam Muskab ini, terpilih kembali Dr.Ir. Moh Sumarsono, M.Si sebagai Ketua PMI Kabupaten Grobogan periode 2024-2029. Moh Sumarsono telah menjabat selama satu periode sebelumnya.

Dalam sambutannya, Moh Sumarsono menyampaikan komitmen untuk melanjutkan program-program PMI Kabupaten Grobogan yang telah berjalan, serta mengembangkan program-program baru yang lebih inovatif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

Dalam hal ini saya memberikan penghargaan / apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dewan kehormatan PMI, Pengurus PMI Kab. Grobogan maupun PMI Kecamatan Se- Kabupaten Grobogan, para pegawai dan lebih khusus para Relawan PMI yang begitu gigih, trampil dan tidak memiliki rasa lelah dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat dengan atensi yang luar biasa untuk kemajuan PMI Kab. Grobogan.

“Saya mewakili Pengurus PMI Kabupaten Grobogan Masa Bakti Tahun 2019 – 2024 manakala dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan berkoordinasi dengan lembaga terkait terdapat kekurangan, perkenankan mohon maaf yang sebesar – besarnya. “ungkapnya

Moh Sumarsono mengatakan, Saya akan bekerja keras untuk meningkatkan kualitas pelayanan PMI Kabupaten Grobogan, baik dalam bidang kesehatan, sosial, maupun kemanusiaan.

Muskab X PMI Kabupaten Grobogan juga membahas beberapa agenda penting, di antaranya adalah laporan pertanggungjawaban pengurus PMI Kabupaten Grobogan periode 2019-2024, pemilihan ketua PMI Kabupaten Grobogan periode 2024-2029, dan penetapan program kerja PMI Kabupaten Grobogan periode 2024-2029.

Ketua PMI Provinsi Jawa Tengah, Sarwa Pramana, S.H, M.Si yang diwakili oleh Prof. Dr. Adji Samekto, S.H. M.Hum, mengapresiasi pelaksanaan Muskab X PMI Kabupaten Grobogan. Ia berharap PMI Kabupaten Grobogan dapat terus berkontribusi dalam memberikan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat.

"Saya berharap PMI Kabupaten Grobogan dapat terus bersinergi dengan pemerintah daerah dan berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pelayanan kemanusiaan," kata Adji Samekto, SH.M.Hum. 

Sementara itu,  Sekretaris Daerah Kabupaten Grobogan, Anang Armunanto, S.Sos., M.Si, yang mewakili Bupati Grobogan, menyampaikan bahwa PMI sebagai organisasi kemanusiaan terbesar di Indonesia memiliki peran yang penting dalam membantu pemerintah dan menangani berbagai permasalahan yang ada. Dengan adanya Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan, PMI dapat melaksanakan fungsi membantu pemerintah dengan tetap berkoordinasi dalam kegiatan-kegiatan PMI.

Beliau menekankan pentingnya PMI untuk selalu berpedoman pada Prinsip-Prinsip Dasar Gerakan Internasional Palang Merah dan Bulan Sabit Merah, seperti Kemanusiaan, Kesamaan, Kenetralan, Kemandirian, Kesukarelaan, Kesatuan, dan Kesemestaan. Dalam konteks saat ini, di mana masyarakat Indonesia semakin kritis terhadap berbagai inisiatif pembangunan, termasuk di bidang sosial kemanusiaan, PMI harus memiliki komitmen yang kuat, tanpa pamrih, dan mampu memberikan keteladanan.

Agenda utama Musyawarah Kerja ini adalah menyampaikan Laporan Pertanggungjawaban Pengurus Masa Bakti Tahun 2019-2024, menyampaikan Laporan Program Pokok PMI Kabupaten Grobogan Masa Bakti Tahun 2024-2029, dan yang paling penting adalah memilih dan menetapkan Ketua PMI Kabupaten Grobogan untuk Masa Bakti Tahun 2024-2029.

Sekretaris Daerah berharap bahwa ketiga agenda utama Musyawarah Kerja ini dapat dilaksanakan dengan baik dan tuntas, dengan semangat kekeluargaan, musyawarah menuju mufakat, demi kebesaran PMI Kabupaten Grobogan. (ata/min)

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url